Cara Mengajari Anak-Anak Tentang Menetapkan Tujuan



Sangat penting bagi setiap orang untuk menetapkan tujuan dalam hidup. Ini bisa menjadi proses yang menyenangkan dan mudah seumur hidup jika anak-anak diajarkan penetapan tujuan pada tahap awal. Inilah alasan mengapa beberapa sekolah mempertimbangkan latihan penetapan tujuan pada awal term term, diikuti dengan melakukan review secara berkala.

Anak-anak hanya memiliki gagasan yang kabur tentang menetapkan tujuan. Mereka terutama berfokus pada imbalan ekstrinsik seperti menyenangkan orang tua mereka. Mereka perlu ditawari proyek yang membuat mereka bekerja untuk mencapai sesuatu yang pribadi, yang melibatkan aspek kesehatan seperti sosial, emosional, mental dan fisik.

Tetapkan tujuan yang cerdas


Suatu tujuan harus dapat diukur, spesifik, realistis dan tepat waktu agar efektif. Anak-anak lebih suka generalisasi ketika datang ke penetapan tujuan. Misalnya, seseorang mungkin ingin menjadi pemain bola basket terbaik di tim. Bagaimana tujuan seperti ini diukur? Apa sebenarnya tujuan seperti ini? Anda perlu meminta mereka untuk lebih spesifik. Mulailah dengan mencetak dua keranjang di setiap pertandingan (atau berapa banyak; cukup tetapkan sesuatu yang bisa diukur!). Dengan tujuan seperti ini, mereka dapat terus mendorong hambatan untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

Tetapkan tujuan yang tidak didasarkan pada keadaan


Misalnya, meminta anak Anda untuk tidak marah pada adik mereka bukanlah tujuan yang terukur. Ini tampaknya lebih terkait dengan respons emosional terhadap saudara kandung. Jika Anda ingin tujuan menjadi efektif, seluruh proses penetapan tujuan perlu dilakukan secara positif. Mintalah mereka menghabiskan 30 menit dengan saudara mereka setiap hari sepulang sekolah. Menghabiskan waktu satu sama lain akan membantu mereka menjalin ikatan.

Tulis gol


Tip ini didukung oleh sains juga. Studi terbaru menunjukkan bahwa ketika tujuan dituliskan, individu cenderung mencapainya.

Menghadapi tujuan yang tidak realistis


Anak-anak memiliki kebiasaan memilih tujuan yang tampaknya mustahil untuk dicapai. Anda perlu mengajari mereka konsep tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Anda perlu memberikan cek realitas anak Anda; misalnya, jika anak Anda alergi terhadap kucing dan ingin memilikinya sebagai hewan peliharaan. Jika anak Anda menganggap NBA sebagai tujuannya, bantu dia menetapkan sasaran yang sesuai dengan usia dan dapat dicapai.

Siapkan poin ulasan


Anda dapat mengajar anak Anda menggunakan papan poster untuk memetakan tujuan mereka. Minta mereka untuk menulis tujuan utama mereka di atas poster. Minta mereka untuk menyebutkan langkah-langkah yang akan mereka ambil untuk mencapai tujuan mereka. Minta mereka untuk melacak kemajuan mereka seminggu sekali atau sebulan. Sangat penting untuk membantu anak-anak Anda memiliki sistem pos pemeriksaan sendiri. Bantu mereka mengembangkan sistem yang benar-benar berfungsi untuk mereka.

0 Response to "Cara Mengajari Anak-Anak Tentang Menetapkan Tujuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel